Senin, 01 Februari 2016

Pengertian Sekretaris

PENGERTIAN
Pengertian sekretaris dalam Saiman (2002:24) bahwa kata sekretaris yang biasa kita baca dan temui pada berbagai literatur dari bahasa latin, yaitu sebagai berikut :
Kata sekretaris berasal dari kata secret dalam bahasa Inggris yang artinya rahasia. Sedangkan dalam bahasa latin, sekretaris berasal dari kata secretum yang berarti rahasia. Kata secretum berubah menjadi secretarius dalam bahasa Perancis yang berarti orang yang memegang rahasia. Kata secretarius berubah menjadi secretary dalam bahasa Inggris. Kata secretary berubah menjadi secretaries dalam bahasa Belanda. Dan kata secretaries berubah menjadi sekretaris dalam bahasa Indonesia.

Sekretaris adalah orang, pegawai atau karyawan yang diberikan tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan masalah rahasia suatu perusahaan atau negara.

Definisi sekretaris yaitu seseorang yang membantu seorang pemimpin atau badan pimpinan atau suatu perusahaan terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang akan menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional perusahaan.



Jadi diharapkan posisi ini diisi oleh orang yang bisa menjaga rahasia, khususnya pimpinan suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar