PENGERTIAN
Pengertian sekretaris dalam
Saiman (2002:24) bahwa kata sekretaris yang biasa kita baca dan temui pada
berbagai literatur dari bahasa latin, yaitu sebagai berikut :
Kata sekretaris berasal dari kata secret
dalam bahasa Inggris yang artinya rahasia. Sedangkan dalam bahasa latin, sekretaris berasal dari kata secretum yang
berarti rahasia. Kata secretum berubah menjadi secretarius dalam bahasa
Perancis yang berarti orang yang memegang rahasia. Kata secretarius berubah
menjadi secretary dalam bahasa Inggris. Kata secretary berubah menjadi
secretaries dalam bahasa Belanda. Dan kata secretaries berubah menjadi
sekretaris dalam bahasa Indonesia.
Sekretaris adalah orang, pegawai atau karyawan yang diberikan tugas atau
pekerjaan yang berhubungan dengan masalah rahasia suatu perusahaan atau negara.
Definisi
sekretaris yaitu seseorang yang membantu seorang pemimpin atau badan pimpinan
atau suatu perusahaan terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang
akan menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional
perusahaan.
Jadi diharapkan posisi ini diisi
oleh orang yang bisa menjaga rahasia, khususnya pimpinan suatu organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar