SYARAT MENJADI SEORANG SEKRETARIS
Sekretaris
profesional yang memegang peranan penting dalam membantu pimpinan
menjalankan tugasnya dan menyimpan rahasia pimpinan dan perusahaan
karena sedikitnya banyak rahasia tersebut diketahui oleh sekretaris untuk bisa
selalu menjaga rahasia itu dari siapapun yang berkepentingan terhadapnya, jadi
sangat amat penting syarat sekretaris.
Syarat
Sekretaris Profesional Menurut Rosidah & Ambar Teguh Sulistiyani, yaitu :
Berdasarkan
Pengetahuan (Knowledge)
a.
Pengetahuan
tentang misi, visi, fungsi, tugas-tugas, struktur organisasi dan personil
organisasi.
b.
Pengetahuan
yang berhubungan dengan bidan tugasnya, pengetahuan bahasa baik bahasa
Indonesia maupun bahasa asing jika diperlukan.
c.
Pengetahuan
bidang administrasi dan manajerial.
Berdasarkan
Keterampilan (Skill And Technic)
Sekretaris disamping dituntut mempunyai pengetahuan juga keterampilan menerapkan pengetahuannya untuk keterampilan
kerja.
a.
Kemampuan mengetik 10 jari
Kemampuan ini berguna untuk mengerjakan berbagai
pekerjaan kantor baik dengan mesin tik, atau computer, kemampuan minimal adalah
kecepatan 200 entakan per menit, dengan kesalahan maksimal 3 entakan.
b.
Korespondensi
Suatu kemampuan membuat surat baik dalam bahasa
Indonesia maupun bahasa Inggris, dengan berbagai bentuk atau variasi yang
diinginkan atasan, baik dengan konsep atasan maupun mengkonsep sendiri.
c.
Tata
kearsipan
Kemampuan mengelola berkas sampai pada penyimpanan
serta penggunaan system dengan benar. Agar penemuan kembali dapat dilakukan
dengan cepat dan tepat. Dengan standar waktu penemuan kembali maksimal 3 menit
d.
Komputer
Dapat mengoperasikan perangkat komputer untuk berbagai
keperluan dan sistem yang tepat seperti Ms. Word, Ms. Excell serta
PowerPoint. Juga dapat menjalankan
internet untuk berbagai keperluan baik mengirim dan menerima berita atau
mencari data.
e.
Komunikasi Efektif
Dapat menyampaikan pikiran dan maksud dengan jelas
secara lisan maupun tulisan, serta dapat menyampaikan pendapat atau pesan di
muka umum.
f.
Menerima dikte
Kemampuan dalam menerima instruksi atau berita, baik
dengan cara ditulis tangan atau kemampuan komputer.
g.
Pengetahuan Bank dan kas kecil
Suatu kemampuan yang memperlancar pekerjaan dalam
hubungannya dengan keuangan atasan.
h.
Tata Krama Lingkungan Kerja
Mengetahui bagaimana menjalankan kaidah-kaidah atau
aturan dan sopan santun dalam bentuk perilaku di lingkungan kerja.
i.
Bertelepon
Dapat menggunakan telepon dengan berbagai fungsi untuk
melakukan tugas serta dapat menanganinya dengan standar kepuasan pelanggan
j.
Hubungan Antarpribadi
Suatu cara untuk menyesuaikan diri dalam pergaulan,
mempunyai cara-cara pendekatan baik kepada atasan maupun relasi.
k.
Keterampilan
dalam melakukan aktivitas kerja kantor lainnya.
Berdasarkan
Kepribadian (Personality)
Kepribadian yang memegang peranan
penting dalam menunjang kerja bahkan untuk hal-hal tertentu prasyaratnya
kepribadian lebih dominan dibandingkan prasarat lainnya.
a.
Kepribadian
Yang Dinamis
b.
Dewasa
c.
Penuh
percaya diri
d.
Terbuka
e.
Penuhrasa
tanggung jawab
f.
Loyalitas
g.
Sopan
Santun
h.
Jujur
Penampilan (Good
Looking)
Adalah hal penunjang
untuk menjadi pegawai yang profesional. Penampilan ini sangat penting karena
citra seseorang dapat dilihat dari
penampilannya. Penampilan ini mencakup tata cara berpakaian, tata cara
menggunakan tata rias, tata cara menggunakan asesoris di samping juga cara
berjalan, cara berdiri dan cara duduk juga merupakan hal yang penting dalam
penampilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar